top of page
Search
  • Writer's pictureRamadan Putra

TATA CARA PEMBAYARAN TAGIHAN BADAN USAHA, MENGECEK STATUS PEMBAYARAN, DAN KWITANSI PEMBAYARAN

Updated: Aug 31, 2023

Untuk melakukan pembayaran tagihan badan usaha maka Bapak/Ibu bisa terlebih dahulu mendownload billing statement (tagihan), untuk tata cara mendownload billing statemen (tagihan) dapat diaskes DISINI.

  • Billing Statement (Tagihan): berisikan nominal tagihan bulan berjalan, status kelancaran pembayaran dan nomor Virtual Account (VA) untuk pembayaran, Billing tagihan biasanya akan diupdate di Edabu setiap tanggal 1 atau 2 pada bulan berjalan. Contoh tampilannya adalah sebagai berikut:


Pada kolom nomor Virtual Account (VA) di atas, terdapat beberapa nomor VA yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan badan usaha yang tidak terbatas pada nama Bank tercantum, melainkan nomor VA tersebut juga digunakan pada kanal-kanal pembayaran sebagai berikut:

Sebagai contoh, Bapak/Ibu dapat menggunakan nomor VA Bank BNI untuk melakukan pembayaran di e-Commerce seperti Tokopedia.


 

🌸Memastikan Status Pembayaran Sudah Berhasil🌸


Apabila pembayaran telah dilakukan maka untuk memastikan bahwa pembayaran telah berhasil, Bapak/Ibu diharapkan dapat secara berkala melakukan pengecekkan status pembayaran pada web Edabu, dengan cara sebagai berikut:


1) klik menu Laporan 👉 klik Riwayat Pembayaran


dan berikut tampilan Menu Riwayat Pembayaran:

Jika lebih dari 3 (tiga) hari kerja tagihan belum berstatus lunas, Bapak/Ibu dapat segera melakukan konfirmasi terhadap penanggungjawab kanal pembayaran yang sebelumnya digunakan (Bank ataupun Non-Bank) agar dapat terinformasi sudah sampai tahap manakah proses pembayaran yang sebelumnya dilakukan.


 

🌸Mendownload Kwitansi Pembayaran🌸


Kwitansi Pembayaran dapat di download setelah tagihan berstatus "Lunas" dengan klik tombol Unduh Kwitansi seperti pada gambar di atas setelah itu Bapak/Ibu akan diminta membuat password seperti pada gambar berikut:

Contoh sandi yang bisa dibuat dan digunakan: Bpjs#123

Contoh password diatas memenuhi ketentuan panjang 8 karakter, terdapat huruf besar-kecil, terdapat karakter khusus "#" dan angka "123".


Dan berikut tampilan kwitansi pembayaran yang berhasil di download dan dibuka menggunakan password yang sebelumnya telah dibuat:



Penulis: Ramadan Dharmawan Putra (220541)

165 views0 comments

Comments


bottom of page