top of page
Search
  • Writer's pictureRamadan Putra

TATA CARA MENONAKTIFKAN ANGGOTA KELUARGA PEKERJA TERKENDALA EDABU

Updated: Jun 25


Untuk melakukan penonaktifan anggota keluarga pekerja (Cerai/Meninggal Dunia) dapat dilakukan dengan cara mengajukan format Excel 37 Kolom.


Dokumen yang perlu dipersiapkan:

  • Excel 37 Kolom Sheet Krg Kelg atau kelg tambahan (Download DISINI)

  • Akta Cerai/KK Terbaru (Cerai) atau Akta Kematian (Wajib untuk anggota keluarga yang meninggal dunia)


Khusus untuk penonaktifan anggota keluarga dengan alasan Meninggal Dunia, maka sebelumnya kita perlu memastikan terlebih dahulu bahwa anggota keluarga tersebut memang belum berstatus MENINGGAL melalui Edabu pada menu Peserta 👉Input Data 👉 Input NIK/No. JKN-KIS (Kartu BPJS) Pekerja/Anggota Keluarga yang meninggal 👉 klik Selanjutnya


Hal ini di karenakan penambahan/pelaporannya juga bisa dilakukan oleh pihak Klinik/Rumah Sakit tempat anggota keluarga meninggal dunia, sehingga apabila statusnya ditemukan sudah meninggal, maka Bapak/Ibu tidak perlu mengajukan penonaktifan kembali.


Contoh:

Apabila setelah dilakukan pengecekkan dan status anggota keluarga memang masih AKTIF pada kepesertaan pekerja, maka dapat langsung diajukan proses pengurangan anggota keluarga melalui langkah-langkah di bawah ini:


1) Melakukan pengisian data pada format Excel 37 Kolom

Pada format excel di atas Bapak/Ibu hanya diwajibkan untuk mengisi kolom-kolom yang sudah disertai dengan contoh termasuk yang telah dicontohkan atau diberi dengan tanda silang "x" (kolom warna kuning).

2) Input Dokumen Pendukung

Input dokumen pendukung di dalam excel, dokumen pendukung untuk penambahan pekerja cukup dengan melampirkan Akta Cerai/KK Terbaru (Cerai) atau Akta Kematian (Wajib untuk anggota keluarga yang meninggal dunia).


Dokumen pendukung tersebut langsung DISERTAKAN DI EXCEL dalam bentuk gambar/foto seperti contoh di bawah dan BUKAN DI LAMPIRAN EMAIL.


4) Mengirim Format Excel 37 Kolom yang dibuat melalui Email

Format Excel 37 kolom tersebut kemudian dikirim melalui email ke admin BRO :

bro.kc-semarang@bpjs-kesehatan.go.id untuk Badan Usaha domisili Kota Semarang

badanusaha.bpjskesdmk@gmail.com untuk Badan Usaha domisili Kab. Demak

dan di CC ke email RO Pembina masing-masing.


Tidak ada format khusus untuk pengisian subjek dan isi Email.

Pengiriman Excel 37 Kolom dapat dilakukan pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB dan hari Sabtu pukul 08.00-13.00 WIB, pengiriman diluar waktu tersebut akan otomatis DITOLAK oleh sistem email admin BRO.


Konfirmasi persetujuan pengajuan penonaktifan pekerja akan diberikan admin BRO berupa balasan Email (cek secara berkala pada menu kotak masuk/spam).


 

🌸Frequently Asked Questions (FAQ)/Hal-hal yang sering ditanyakan🌸


  • Q: Saya sudah mengirimkan email format Excel 37 Kolom, kapan pengajuan yang saya ajukan diproses?

A: Pengajuan email excel 37 kolom biasanya akan disetujui oleh admin BRO (BUKAN RO), paling lambat 2-4 hari kerja jika diajukan sebelum atau pada tanggal Cut Off tanggal 20, jika diajukan setelah tanggal 20, misal tanggal 21 maka email baru akan di proses pada bulan berikutnya.



Penulis: Ramadan Dharmawan Putra (220541)



395 views2 comments

2 Comments


Eny Martiny
Eny Martiny
Jul 31, 2023

BISA DI DOWNLOAD ?

Like
Ramadan Putra
Ramadan Putra
Aug 01, 2023
Replying to

Apabila Ibu mengakses halaman website menggunakan komputer/laptop, silahkan klik tombol Ctrl+P, kemudian pilih print to PDF, untuk mendownload halaman website dalam format .pdf

Like
bottom of page