top of page
Search
  • Writer's pictureRamadan Putra

TATA CARA LINK KELAS PERAWATAN SUAMI-ISTRI DI SEGMEN PEKERJA

Updated: Jul 8


Sesuai dengan regulasi yang ada, apabila suami-istri sama-sama bekerja maka keduanya wajib untuk di daftarkan oleh masing-masing badan usaha tempat mereka bekerja, sehingga keduanya sama-sama berstatus sebagai peserta.


Bersamaan dengan ketentuan di atas, Pasal 14 ayat (2) Perpres No. 82 Tahun 2018 juga mengatur bahwa pasangan suami-istri yang sama-sama bekerja dan telah di daftarkan berhak mendapat kelas perawatan tertinggi.


Sebagai contoh jika Istri mendapat kelas perawatan kelas 1 (gaji>4 Juta) sementara suami mendapat kelas 2 (gaji UMK-4 Juta) maka suami tetap berhak mendapat kelas 1 dengan cara menghubungkan kepesertaannya dengan kepesertaan istri.


Caranya adalah dengan mengajukan excel 37 kolom sheet link suami-istri dengan langkah-langkah sebagai berikut:


1) Dokumen yang perlu dipersiapkan:

  • Excel 37 Kolom sheet Link Suami-Istri (Download DISINI)

  • Kartu Keluarga


2) Melakukan pengisian data pada format Excel 37 Kolom

Pada format excel di atas Bapak/Ibu hanya diwajibkan untuk mengisi kolom-kolom yang sudah disertai dengan contoh termasuk yang telah dicontohkan atau diberi dengan tanda silang "x" (kolom warna kuning).


3) Input Dokumen Pendukung

Input dokumen pendukung di dalam excel, dokumen pendukung untuk link suami-istri cukup dengan melampirkan Kartu Keluarga


Dokumen pendukung tersebut langsung DISERTAKAN DI EXCEL dalam bentuk gambar/foto seperti contoh di bawah dan BUKAN DI LAMPIRAN EMAIL.


4) Mengirim Format Excel 37 Kolom yang dibuat melalui Email

Format Excel 37 kolom tersebut kemudian dikirim melalui email ke admin BRO :

bro.kc-semarang@bpjs-kesehatan.go.id untuk Badan Usaha domisili Kota Semarang

badanusaha.bpjskesdmk@gmail.com untuk Badan Usaha domisili Kab. Demak dan di CC ke email RO Pembina masing-masing.


Tidak ada format khusus untuk pengisian subjek dan isi Email.

Pengiriman Excel 37 Kolom dapat dilakukan pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB dan hari Sabtu pukul 08.00-13.00 WIB, pengiriman diluar waktu tersebut akan otomatis DITOLAK oleh sistem email admin BRO.

Konfirmasi persetujuan pengajuan penonaktifan pekerja akan diberikan admin BRO berupa balasan Email (cek secara berkala pada menu kotak masuk/spam).


 

🌸Frequently Asked Questions (FAQ)/Hal-hal yang sering ditanyakan🌸


  • Q: Saya sudah mengirimkan email format Excel 37 Kolom, kapan pengajuan yang saya ajukan diproses?

A: Pengajuan email excel 37 kolom biasanya akan disetujui oleh admin BRO (BUKAN RO), paling lambat 2-4 hari kerja jika diajukan sebelum atau pada tanggal Cut Off tanggal 20, jika diajukan setelah tanggal 20, misal tanggal 21 maka email baru akan di proses pada bulan berikutnya.



Penulis: Ramadan Dharmawan Putra (220541)







195 views1 comment

1 Comment


Guest
Jul 01

PADA KASUS-KASUS TERTENTU , LINK KELAS SUDAH OTOMATIS BERPINDAH DI APLIKASI MOBILE JKN . MUNGKIN BISA DIJELASKAN SEKALIAN , KONDISI2 SEPERTI APA YANG MEMUNGKINKAN KELAS BPJS OTOMATIS BERPINDAH KARENA HAL SEPERTI INI BISA MEMPERMUDAH PEKERJAAN HRD. TERIMA KASIH

Like
bottom of page